Berikut Cara Mendidik Anak Yang Benar Bagi Orang Tua Menurut Al - Qur'an Dan Hadis



Cara Mendidik Anak Menurut Islam


Didalam islam anak merupakan rahmat yang di berikan Allah kepada hambanya.

Selain sebagai rahmat juga menjadikan anak sabagai ujian.

Namun dalam mendidiknya islam juga memberikan cara kepada hambanya mengenai cara mendidik anak.

Karena dengan didikan yang di berikan oleh Allah kepada hambanya melalui Al-Qur'an dan Hadis sehingga memudahkan bagi orang tua dalam mendidik anaknya.

Adapun caranya mendidik anak menurut Islam sebagai berikut.

1. MEMPERDENGARKAN AL - QUR'AN SEJAK LAHIR

Mendengarkan anak dengan bacaan Al-Qur'an adalah cara mendidik anak menurut islam karena dengan mendengarkan Al-Qur'an sejak anak - anak bisa membantu tumbuh kembang anak maka dari itu anda sebagai orang tua harus mau mendidik anak dengan cara seperti itu.

Apalagi jika anda ingin anak anda menjadi Hafiz Al - Qur'an maka anda harus memperdengarkan Al-Qur'an sejak dini atau anak - anak.

2. MENGAJARKAN DASAR - DASAR ISLAM

Di dalam kitab Al - Amali karya Imam Al-Baqir dan Imam Ash Shadiq mengatakan bahwa hal pertama yang harus di ajarkan kepada anak adalah tauhid yaitu "Laila Haillallah".

Setelah berumur 3 tahun maka ajarkan anak mengenai kalimat "Muhammad Rasulullah" karena di jelaskan dalam sebuah hadis Nabi SAW:

"Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan di tanyakan kepadanya" HR. Ibnu Abbas

3. MEMBERIKAN CONTOH DAN MANGAJARKAN SALAT

Pada usia anak-anak ajarkan mereka mengenai salat dan berikan contoh, mulai dari wudhu, do'a-do'a, sampai dengan salat.

Maka ajarkanlah itu pada anak-anak agar mereka terbiasa hingga dewasa, karena jika sudah biasa di ajari anak-anak akan lebih paham dan lebih mudah dalam melakukan gerakan wudhu dan salat.

Sebagaimana dalam Sabda Nabi SAW:

"Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya" HR. Ahmad dan Abu Dawud

4. MENGAJARKAN TAUHID

Sebenarnya cara mendidik anak sudah di lakukan dan di jelaskan oleh Rasulullah kepada anda bahwa ketika anak baru lahir maka adzankanlah anak tersebut baik olehnya ayahnya atau oleh kakeknya.

Sebagaimana Sabda Nabi SAW:

"Dari Abu Dawud dan Tirmidzi aku telah melihat rasulullah SAW. mengadzankan Al-Hasan bin Ali pada telinganya saat di lahirkan oleh Fatimah dengan adzan seperti adzan salat" HR. Tirmidzi.

5. MENGAJARKAN PUASA

Agar anak terbiasa dalam berkelakuan baik maka anda juga harus mengajarkan sesuatu yang baik pula kepada anak-anak anda, bisa anda mulai dengan mengajarkan puasa setengah hari atau bisa juga Full satu hari tapi jika anak anda tidak kuat maka jangan di paksakan untuk berpuasa Full.

6. MEMBERI PANGGILAN YANG BAIK

Ketika anak anda lahir maka berikanlah nama yang baik, nama yang islami jangan di namakan dengan nama orang kafir atau nama dewa, karena itu di haramkan oleh islam.

Sebagaimana Sabda Nabi SAW:

"Hormatilah anak-anakmu dan perhatikanlah pendidikan mereka karena anak-anakmu sekalian adalah karunia Allah kepadamu" HR. Ibnu Majah

7. MEMBACAKAN KISAH NABI DAN PARA SURI TAULADAN

Agar anak anda mempu mengamalkan ajaran islam maka harus di ceritakan kisah para Nabi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

8. MEMBERIKAN UCAPAN SALAM

Hal pertama yang juga penting untuk di ajarkan kepada anak adalah ucapan "Assalamualaikum" ini merupakan ucapan yang baik-baik maka dari itu anda harus mengajarkan kepada anak anda ucapan ini ketika pergi, atau pulang dari bepergian.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat.
Berikut Cara Mendidik Anak Yang Benar Bagi Orang Tua Menurut Al - Qur'an Dan Hadis Berikut Cara Mendidik Anak Yang Benar Bagi Orang Tua Menurut Al - Qur'an Dan Hadis Reviewed by andre permana on July 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Theme images by wibs24. Powered by Blogger.